Koppetras Mengakomodir Kepentingan Petani dan Nelayan

  • Share

Jakarta, HimtaniNews- Penjelasan Ketum Himtani, Indrayei SH tentang Kopperta, yang disampaikan dalam forum diskusi Grup WA Himtani Center, mendapat tanggapan positif dari anggota Himtani.

Tanggapan datang daru Muh Asyim, DPD Himtani Sulsel, yang menyarankan nama koperasinya diubah.” Ini sekadar saran barangkali sebaiknya nama koperasi diubah menjadi Koperasi Pertanian tingkat Nasional,supaya ada kaitanya dengan organisasi  dan ini juga bisa menjadi binaan Kementrian Pertanian,Kementrian Pertanian senang karna kata kata Pertanian,” ujar Asyim.

M Asyin nerasa yakin Kementrian Pertanian bisa memudahkan fasilitas. Misalnya pengurus Koperasi mengajukan Profosal ke mentri Pertanian untuk Dana Hibah penangkaran benih padi atau benih lainya,permohonan kerja sama kementrian pertanian untuk melatih Pemuda dan Wanita Tani seluruh Indonesia,Masih banyak Pasilitas yang bisa diraih,” saran Asyi,.

Mengenai saran ubah nama yang disampaikan Ayim mendapat tanggapan dariSekretaris Jendral DPP. “ Pembentukan koperasi tidak mudah. Sejak berdirinya Himtani,ajakan untuk pembentukan Koperasi sudah ada melalui surat edaran,sesungguhnya saat ini Ketum Himtani juga Ketum Koperasi (Koppetras)yang sudah berbadan Hukum dengan SK dari Kemen Kum HAM,sesuai dengan Notulen rapat sebelumnya yang sudah di muat di WAG,bahwa untuk mempermuda perizinan DPD/DPC Himtani dapat membuat setingkat Cabang dari Induk yang suda ada di DPP Himtani,” ujar Harmiyp.

Sementara Hi Tahang DPD Himtani Sul-Teng meminta penjelasan lebih jauh tentang Koppetras,”Kami perlu tau lebih jauh arah Tujuan Koppetras ini,karena dari pemahaman kami Koperasi ini hanya mengarah pada konsumen Pedagang Tradisional yang tentunya nantinya banyak bergerak pada pedagang Tradisional,dan apakah memungkinkan nantinya HimtanI kedepanya melakukan kerja kerja sesuai Program Himtani atau transaksi bisnis melalui koperasi ini,serya himtani sebagai lembaga hanya nempel di lembaga Koperasi ini nantinya. Arrtinya Koperasi ini bukan bentukan murni dari lembaga HimtanI,” tanyanya.

Atas oertanyaan ini, Indrayeni menjelaskanada pemikiran  ingin merobah di akte yaitu Koperasi Konsumen Petani Pedagang Tradisional Sejahtera tetap namanya KOPPETRAS/

“Karena ‘P’ sudah ada dua. Saya sangat memahami masukan masukan dari kawan kawan di daerah agar ada bunyi Petaninya,agar semangat Koperasi Petani lebih muncul,yang terpenting saat ini daerah daerah yang lagi ber proses membentuk kepengurusan baik DPD/DPC lanjutkan saja dulu pembentukan kepengurusanya,InsyaAllah Habis lebaran ,terkait Koperasi sudah bisa berjalan,” ujar Indrayeni.

Wakil Ketua Umum DPP Himtani Chaidir Rahman, menambahkan “Kalau soal Nama bukan problem yang besar,yang lebih penting AD/ART nya,bisa menampung semua aspirasi anggota,bisa melaksanakan kewajiban serta berpartisipasi dalam setiap kegiatan,yang dilaksanakan oleh kita,dari kita,untuk kita,agar koperasi ini bisa berkiprah di lingkungan himtani dan masyarakat yang pada akhirnya meningkatkan ekonomi kita warga himtani serta masyarakat sekitar kita bisa pula ikut merasakan hasil dari keberadaan Koppetras,” jelas dia.

“Benahi dan lengkapi kepengurusan serta Aktifkan simpanan Pokok&Wajib,sehingga terlihat Koperasi yang kokoh dan kuat serta kompak anggotanya,InsyaAllah.” imbuhnya.

Harmiyo Mahar menyebut perlu penyempurnaan kelembagaan Koppetras memang agar koperasi dapat bekerja dengan baik,lebih lagi bila Koppetras dan Himtani akan diparalelkan,” ujarnya sambil menambahkan,” Kebetulan di sini sudah banyak personil yang sudah berpengalaman seperti Pak KetumIndrayeni,SH),Waketum(H.Chaidir Rahman serta Dewan Pengawas DR.Multadi). InsyaAllah ke depan organisasi kita dapat berkembang dengan baik,” jleasmya.\

Jumri Hi Tahang DPD Himtani Sul-Teng memberikan Apresiasi kepada Ketum Himtani,”Sungguh bijaksana Pak Ketum,Kami pun menyadari bahwa semua punya proses,yang paling penting saat ini sudah ada Wadah dan jalan untuk berkiprah di masyarakat tinggal kami di daerah harus punya respon cepat dan tepat,” ucapnya.

 

Penulis: Syaf/Meinita

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *